Blogger Themes

Kamis, 23 Februari 2012

Mengenal Hosting & Domain


Mengenal Hosting & Domain , untuk membuat sebuah blog atau website anda perlu menggunakan Domain & Hosting, agar nama pada blog atau website kita lebih dinamis.

Berikut pengertian domain & hosting .

Domain

Domain adalah sebuah nama alamat untuk pengaksesan pada server atau email server di jaringan komputer, nama domain juga untuk mempermudah pengguna dalam mengingat untuk mengunjungi blog atau website. Karakter domain harus abjad dan angka (a,b,c,d,1,2,3 dan seterusnya).

Sebenarnya sebuah blog atau website bisa diakses melalui ip, tergantung apakah anda mengetahui alamat ip dari sebuah blog atau website tersebut. Contoh misalkan alamat ip dari google.com "http://74.125.236.169/" tanpa tanda kutip, coba anda ketikan alamat google pada browser anda maka alamat ip tersebut akan mengakses ke web google. Tentunya akan lebih mudah mengingat deretan kata ketimbang deretan angka. Untuk itu diperlukan domain guna mengganti deretan angka tersebut agar menjadi deretan kata yang tentunya gampang diingat. misalnya : webdomainanda.com akan lebih gampang diingat ketimbang angka 74.125.236.169.

Umumnya nama domain memiliki fungsinya masing masing sesuai dengan keperluannya sebagai contoh domain .com adalah domain untuk komersil. Berikut adalah nama nama domain beserta fungsinya :

  • gov – Digunakan Untuk Untuk Pemerintahan
  • edu – Digunakan Untuk Institusi pendidikan
  • org – Digunakan Untuk Organisas
  • mil – Digunakan Untuk Militer
  • com – Digunakan Untuk Komersial
  • net – Digunakan Untuk Organisasi Network
  • name – Digunakan untuk personal / keluarga
  • tv – Digunakan Untuk Pertelevisian
  • info – Digunakan Untuk kepentingan Informasi
  • biz – Digunakan Untuk Kepentingan Bisnis
  • travel – Digunakan Untuk Pariwisata 
Masi banyak info-info tentang domain & hosting silahkan anda klik link ini


Hosting

Hosting adalah tempat untuk penyimpanan data-data dari blog atau website anda, Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan.

Mengapa Perlu Web Hosting :
Kecepatan menyebarkan informasi tentang Jasa, Produk, Layanan Publik dan lainnya merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan bisnis perorangan atau perusahaan.
Contoh Pertama : di Indonesia dengan sekitar 100 juta pengguna telepon genggam yang tentu saja dapat tersambung ke internet melalui gprs, tidak ada alasan lagi untuk tidak tersambung ke dunia maya, bahkan di daerah terpencil sekalipun.

Singkatnya, bila anda telah membuat prototip disain yang dapat dibaca oleh internet browser seperti html, maka sudah waktunya anda menaruh disain itu di internet dengan mengupload disain anda ke perusahaan yang melayani penjualan hosting. Untuk lebih detailnya silahkan klik link ini 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.
 





Ditulis Oleh : Radi Wau // 17.30
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.